Prosedur mengurus Surat Nikah ke KUA

Pembaca sekalian yang hendak menikah khususnya yang beragama muslim, pastilah akan mengurus prosedur administrasi ke KUA guna mendapatkan dokumen surat nikah sebagai bukti sahnya pernikahan berdasar hukum/undang-undang Negara Republik Indonesia. Tanpa itu, maka status pernikahan tersebut tidak diakui negara alias istilah lainnya pernikahan siri/pernikahan dibawah tangan.
Berikut info yang saya copas dari sebuah website (terima kasih atas kontribusinya..) yang mungkin bisa membantu anda dalam mendapatkan surat nikah. Selamat menyimak...

Salah satu hal paling penting dalam menyiapkan pernikahan adalah urusan administrasi. Kalau urusan yang satu ini sudah beres, dijamin deh langkah untuk mempersiapkan pernikahan akan jauh terasa lebih ringan.
Tapi ya, terus terang hal yang terbayang dibenak saya ketika harus mengurus hal semacam ini adalah susah, sulit, sukar yah, kata-kata negatif seperti itu yang muncul. Mungkin hal yang sama akan anda alami, dan saran saya ketika kata-kata itu muncul dibenak Anda, yang harus anda lakukan adalah tersenyum. Yup, senyum…saat negatif muncul, maka harus dilawan dengan positif, itu filosofi mudahnya… icon biggrin Gak susah kok urus surat nikah....
Mmm, disini kami akan mencoba sharing tentang kepengurusan surat nikah, mudah-mudahan bisa memperingan langkah Anda dan memperlebar senyum, serta menjauhkan hal negatif dari pikiran, selamat menyimak…
Urusan administrasi menjadi hal yang harus diutamakan karena berkaitan erat dengan urusan yang lain, diantaranya penentuan jam, lokasi, serta teknis acara.

PERSIAPAN & KELENGKAPAN SURAT-SURAT
Hal yang pertama harus dilakukan adalah mempersiapkan segalanya, mulai dari foto berwarna, copy dokumen, dll. Hal ini tentu saja untuk mempermudah jalannya kepengurusan, berikut kami coba jabarkan.
Untuk pria, kelengkapan yang harus dipersiapkan adalah:
1. Mempersiapkan foto berwarna, warna latar biru (lebih baik), 2×3 = 5 lembar, 3×4 = 8 lembar (lebih baik lagi jika menyediakan jumlah dan ukuran yang lengkap dan lebih banyak agar mudah jika sewaktu-waktu dibutuhkan)
2. Fotokopi KTP (kartu tanda penduduk) minimal 4 lembar
3. Keterangan status masih Perjaka atau Perawan, bermaterei Rp. 6.000,- (biasanya RT setempat menyediakan)
4. Fotokopi KK (kartu keluarga)
Fotokopi Akte Kelahiran/Ijazah terakhir adalah sangat penting karena digunakan untuk verifikasi data pribadi, yang akan dimasukan dalam daftar pemeriksaan atau yang biasa disebut NB dan akan digunakan sebagai dasar dalam penulisan dalam buku nikah.

Kalau terjadi kesalahan maka perubahan nama di buku nikah harus melalui proses di Pengadilan Negeri, bisa repot banget, karena makan waktu dan biaya tentunya.
Untuk wanita:
Tidak jauh berbeda dengan kelengkapan yang harus disiapkan calon pria hanya saja untuk pengurusan rekomendasi nikah bila ingin nikah diluar wilayah, calon pengantin putri beserta wali harus datang ke KUA setempat untuk dilakukan pemeriksaan data dan keabsahan wali sebelum mendapat rekomendasi.

LANGKAH-LANGKAH DALAM KEPENGURUSAN
Setelah segala persiapan lengkap maka action selanjutnya adalah menyampaikan dokumen-dokumen tersebut ke instansi terkait, disinilah bermulanya perjuangan mengurus surat-surat, dari RT, kelurahan, kecamatan, hingga ke KUA dan komunikasi dengan sang Penghulu.
1. Datang ke RT, RW setempat, minta surat pengantar hendak menikah untuk ke kelurahan, sekaligus minta blangko formulir pernyataan masih Perjaka atau Perawan (jika tidak ada surat pernyataan ini bisa dibuat sendiri). Setelah itu berkas yang ada dibawa ke Pembantu Pencatat Nikah (biasa disebut Amil Nikah) atau bila ingin mengurus sendiri bisa langsung ke Kelurahan.
2. Di kelurahan minta surat pengantar pernikahan :
surat N1 (surat keterangan untuk menikah), N2 (surat keterangan asal usul), N4(surat keterangan orang tua) dan bila dibawah 21 tahun ditambah N5 surat izin menikah dari orang tua. Ditambah N6 bila duda mati. Bila kelurahan tidak menyediakan blangko N, blangko tersebut bisa diminta di Kantor KUA setempat.
3. Berkas-berkas surat pengantar dari kelurahan dibawa ke KUA setempat.
4. Bila pernikahan dilakukan diluar wilayah kerja KUA dimana dia menetap maka calon pengantin dengan membawa seluruh berkas yang sudah disahkan di kelurahan ke kantor kecamatan sebagai pengantar ke KUA setempat dan dari KUA setempat maka akan dikeluarkan Surat Keterangan Rekomendasi Nikah ke keluar daerah, atau yang biasa disebut Surat Numpang Nikah.
5. Surat Rekomendasi Nikah dilampiri dengan kemudian dibawa dan dibendel ke KUA tempat pernikahan dilangsungkan beserta data pengantin perempuan. Di KUA ini akan dilihat apakah pada hari, tanggal dan jam akan dilaksanakan akad nikah tersebut ada calon pengantin lain yang lebih dulu mendaftar atau tidak, biasanya calon pengantin akan dibekali nomor telepon KUA setempat dan Penghulu yang akan bertugas menikahkan, fungsinya adalah untuk konfirmasi kembali.

BIAYA-BIAYA
Untuk biaya yang harus dikeluarkan dalam rangka “administrasi” tersebut bisa berbeda-beda disetiap daerah, dari pengalaman penulis (real story nich…:D)
Untuk tingkat RT hanya sekedarnya saja, biasanya untuk mengisi kas RT saja, 10.000,- s/d tak terhingga (lebih banyak Pak RT akan lebih seneng pastinya :p)
Untuk kelurahan dan kecamatan di wilayah Jakarta hanya mengeluarkan biaya Rp. 20.000,-, sedangkan di KUA (untuk rekomendasi surat numpang nikah) hanya Rp. 80.000,- (dibawah Rp. 100.000) saja.
Proses lanjutan yaitu di KUA tempat pelaksanaan nikah juga berbeda disetiap wilayah. “Kenapa ngga ada standarnya ya?” (hehehehe…ngga tau juga jawabnya gimana :p) Penulis dikenai biaya Rp. 450.000,- .
Untuk penghulu dan pembantu pencatat nikah biasanya diberikan tips setelah acara akad nikah selesai, untuk “uang bensin” katanya…hehehhe tapi ngga jarang juga petugas yang menolak diberikan “uang bensin” ini, ya seharusnya memang begitu kan…:D
OK deh, semoga semua kepengurusannya lancar sampai waktu pelaksanaannya. O ya, sedikit tips, sebaiknya semua dilakukan dengan santai, jangan grasak grusuk, dinikmati aja, biar lebih asyik, dan nantinya akan jadi kenangan yang menyenangkan, bukan jadi pengalaman buruk. O ya, dan satu hal yang paling penting, kerjasama, jangan biarkan pasangan merasa mengusahakan sendiri apalagi sampai beranggapan pasangannya mau enaknya sendiri aja icon biggrin Gak susah kok urus surat nikah....
….HAPPY WEDDING ALL!!….
Sumber : blog.undanganpro.com

Update : untuk peraturan dan biaya terbaru tahun 2015 mungkin sudah ada sedikit perubahan, akan kami usahakan untuk update di artikel berikutnya. Terima kasih.

Jika ada pembaca yang memerlukan referensi tentang ornamen masjid, kubah masjid, roster masjid silahkan kunjungi blog rekan kami di http://grchexacon.blogspot.co.id/

32 comments:

  1. thanks infonya gan... sangat bermanfaat bagi orang orang yang mau menikah seperti ane :D
    mampir ke blog ane gan...

    ReplyDelete
  2. nice info ga,,,
    semoga bermanfaat buat org2 yang butuh info kaya' gini (y)
    kalo sewa alat pestanya bisa ke kami donk.. di http://sewatendajakarta.co.id

    ReplyDelete
  3. hal dasar tapi sering kali pada bingung bagus infonya

    ReplyDelete
  4. bagai mana kalau yang sudah menikah....sdh nikah lagi bagaimana itu gang

    ReplyDelete
  5. good tips :D
    thanks infonya ^_^ bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  6. Terima kasih. Sangat membantu...

    ReplyDelete
  7. Thanks buat sharing infonya masbroh ;) sangat bermanfaat. Insyaallah dimudahkan dlm sgala urusannya...amin

    ReplyDelete
  8. nice inpo nih..
    wajib dibaca bagi pasangan yang mau nikah..
    mantapp gann
    nah.. biar lebih lengkap inponya..
    kunjungi
    gelasbatikpainting.wordpress.com yaaa
    thank you...

    ReplyDelete
  9. Info yang menarik..
    kalo sebelum nikah butuh seserahan bisa kunjungi ke saya yaa...
    http://buminawawa.blogspot.com/

    ReplyDelete
  10. good tips (y)
    cocok buat yang mau menikah

    Yang mau buat undangan pernikahan online bisa pesen di
    http://walimahan.com/

    ReplyDelete
  11. Waaahhh makasih infonya.... saya lagi cari2 info ini memang.
    Jangan lupa liat2 blog saya http://bwahyuniislamadina.com/

    ReplyDelete
  12. Info yang sangat bermanfaat. Terima kasih.

    ReplyDelete
  13. nikah itu buat cewek harapanya jadi ratu semalam ya gan :D pasti butuh persiapan banyak tuh apalagi kalok mau tampil cantik butuh perawatan dulu nih

    ReplyDelete
  14. Informasi yang menarik.

    Jangan lupa untuk mengabadikan moment pernikahannya, untuk referensi bisa di liat dalam web www.Alienco.net

    thanks

    ReplyDelete
  15. kira2 berapalama ya waktu mas nya dulu nyiapin semuanya? dari kerumah pak rt sampe ketemu pak penghulunya?

    ReplyDelete
  16. tapi gan bagaimana persyaratan yang harus saya persiapkan misalkan calon istri saya sudah mempunyai anak tetapi dia blum menikah,terimaksih

    ReplyDelete
  17. Terimakasih atas infonya, silahkan masuk link dibawah unruk mendapatkan promo undangan pernikahan :)

    http://www.dikromoart.com/2015/05/promo-undangan-pernikahan.html

    ReplyDelete
  18. Thanks atas informasinya...
    Bagi yang berminat memiliki website pernikahan atau undangan pernikahan online atau buat website wedding organizer silahkan kunjungi kami klik Jasa Pembuatan Website Pernikahan
    Terima Kasih

    ReplyDelete
  19. Mau tanya, apakah prosedur diatas dilakukan setelah lamaran atau bisa sebelum lamaran?

    ReplyDelete
  20. Apa harus bayar biaya dokumen atau bayar uang kas sebesar 100.000 ke pak mudin

    ReplyDelete
  21. Bagaimana kalo tidak punya akte atau ijazah

    ReplyDelete
  22. Hi brides to be, lagi cari gedung nikahan di Kota Bandung? Gedung HIS Balai Sartika Convention Hall bisa jadi pilihan kamu loh karena sekarang udh full carpet & lampu chandelier. Selain itu HIS Balai Sartika Convention Hall juga menyediakan paket pernikahan yang fleksibel. Jangan khawatir, pilihan vendornya ada banyak banget dan bisa pilih sesuai keinginan kamu. Ohya, sekarang lagi ada promo menarik juga loh yaitu CASHBACK dan HONEYMOON PACKAGE! Untuk informasi lengkapnya, hubungin aja Tresna (+6281312214233), FREE KONSULTASI!!

    ReplyDelete
  23. Thanks infonya. Oiya, saya juga mau share info menarik nih. Temen-temen tau ga sih kalo ada cara ampuh untuk mempersiapkan biaya pernihakan? Dan ternyata bukan dengan menabung loh. Temen-temen bisa cek di sini: jangan menabung untuk persiapan menikah

    ReplyDelete
  24. Voila! Dear brides and grooms to be, mana nih suaranya?
    Udah sampai mana persiapan buat pernikahannya? apa aja sih kendala yg kalian hadapi selama proses persiapannya? ribet dan kebingungan harus memulai dari mana?
    Yuk jangan khawatir dan dibawa pusing karena wedding consultant dari HIS Kologdam Grand Ballroom akan membantu persiapan pernikahan kalian dari mulai persiapan sampai hari H. Venue? Udah ada. Vendor? Banyak pilihannya. Punya konsep sendiri? Bisa disesuaikan kok.
    Penasaran apa aja yang kami berikan? Dari mulai catering, dekorasi, rias busana, photography, entertainment, upacara adat, mc, wedding car, beserta wo untuk di hari H. SO??? Yuk segera konsultasikan persiapan pernikahanmu sekarang juga. Banyak promo menarik juga khusus di bulan September ini diantaranya:
    PICK 2 FOR YOU 2
    * Invitation Card by Corellia (500 undangan)
    * Wedding Ring by Vins Jewelry
    * Sushi Stall by Sushi Tei (300 pax)
    * Voucher Informa 5 Juta
    * Free Photobooth by Clei (3 Jam, Unlimited)
    * Free Honeymoon to Samaja Villa Kunti (3D2N)

    Untuk info lebih lanjut yuk segera hubungi Ayu-HIS Kologdam (WA 081324570721)

    ReplyDelete
  25. Hallo Kaka-kaka Calon Penganten,

    Masih bingung cari gedung pernikahan? Ingin menikah di gedung full carpet dengan fasilitas eksklusif? HIS Kologdam Grand Ballroom Bandung menjawab keinginanmu dengan konsep One Stop Wedding Service dan pilihan vendor-vendor profesional yang akan membuat pernikahanmu semakin berkesan!! Serta kita ada BONUS loooh tanpa diundi!!

    Ingin info lebih lanjut bisa langsung hubungi :
    Rosianti,
    WA ( 085624295686 )
    IG ( rosi.hisbalaisartika )
    E-mail ( rosi.hiscorp@gmail.com )

    ReplyDelete
  26. aku juga ada cerita tentang pernikahan aku nih guys, awalnya aku pikir persiapan pernikahan itu gak rumit, tapi ternyata gak semudah yang ku bayangkan, apalagi aku dan calonku sama-sama sibuk di pekerjaan masing-masing akhirnya kami memutuskan untuk cari venue di daerah jakarta selatan. karena aku tinggal di daerah depok dan calonku tinggal di daerah tangerang, jadi kita putuskan untuk cari lokasi di tengah-tengah yaitu Jakarta selatan. kita memutuskan sama-sama untuk cuti 2 hari untuk menyiapkan semua persiapan pernikahan kita. mulailah kita mencari gedung pernikahan karena aku dan calonku memang prefer untuk menikah di gedung. Satu dan dua hari berlalu belum juga kita mendapatkan gedung yang sesuai keinginan kita, belum lagi kita cari-cari vendor dll. Akhirnya aku dan calonku memutuskan untuk mencari gedung lagi di hari libur, tetapi ternyata byk yang tidak ada stafnya karena mereka libur, aku pun dan calonku hampir hopless karena kita belum juga mendapatkan gedung. Akhirnya kita mampir ke graha elnusa karena kita dengar disana masjid yang bagus dan sekalian kita mau sholat ashar disana, iseng-iseng masuk ke dalam ternyata aku langsung jatuh cinta dengan layoutnya yang unik dan aksesnya yang mudah karena ballroomnya di lobby dan ternyata mereka juga sudah menyiapkan paket pernikahan all in ditambah lagi aku diberikan bonus hooneymoon dan wedding car, alhamdulillah aku merasa sangat terbantu sekali dan aku bersama pasanganku bisa fokus bekerja dan persiapan pernikahanku dibantu oleh tim his graha elnusa, pelayanannya juga oke dan ramah guys, dan pada hari h acara pernikahanku dapat terwujud sesuai dream wedding aku dan dikerjakan sangat profesional sekali dengan tim his graha elnusa. waktu itu aku dibantu oleh mba alvie, ini kontaknya guys 0821.4151.7535/wa 0822.9919.2138. Terima kasih guys.. semoga bermanfaat yah ;)

    ReplyDelete
  27. Haloo, aku mau bagi pengalaman pernikahan kakakku. Jadi waktu itu kakakku dan pasangannya sibuk kerja kan jadi memang susah untuk ngurusin sendiri, nah karena kakakku nyari tempat pernikahan yang memang aksesnya mudah jadi dia nyari yang tengah2 dan ga terlalu macet. Akhirnya kakakku mutusin buat nikah di Elnusa, letaknya kalau ga salah di Tb.Simatupang deket Citos. Nah disana ternyata sudah ada paketan weddingnya juga dan sudah ada WOnya. Waktu itu kakakku dibantu sama Kak Ali, nah disana bener2 dibantuin dari awal sampe akhiir. Walaupun kakakku dan pasangannya sibuk kerja tapi urusan pernikahannya ga sampai keteteran karena bener2 dibantuin. Jadi disana itu udah semua2nya diurusin, kakakku tinggal ngurusin souvernir dan undangan aja. Bahkan ada Wedding Plannernya gitu yang mengatur jadwal kakakku untuk visit2 vendor dan testfood, jadi bener2 bikin kakakku ga pusing mikirin pernikahannya. Dari awal kakakku persiapan acara sampai akhir acara bener2 ga dilepas sama WOnya, dan hal itu ngebuat mamahku ga terlalu banyak ikut campur. Jujur Pelayanannya bener2 bagus, walaupun kakakku dan pasangannya kadang suka banyak maunya tapi tuh kayak diturutin terus gituu. Alhamdulillah keluargaku dan kakakku puas sih nikah di HIS Graha Elnusa. Kalo kalian berminat aku ada nih kontaknya yang waktu itu bantuin kakakku, namanya Kak Ali, nomornya 087884761964. Semoga bisa membantu kaliaan

    ReplyDelete