Beberapa Tes Kesehatan Pranikah Yang Penting

Pembaca sekalian berikut ada beberapa hal penting yang mungkin perlu dilakukan sebelum melaksanakan pernikahan yaitu tes kesehatan pranikah. Berikut artikel yang mungkin berguna, kami share dari situs doktersehat.com yang mungkin bermanfaat untuk dibaca.


Pernikahan adalah salah satu momen berharga dalam kehidupan manusia. Jadi, tak heran bila banyak orang yang mempersiapkan acara pernikahan jauh-jauh hari guna mendapatkan kesempurnaan saat disahkannya hubungan cinta mereka.

Meski begitu, persiapan lain yang tak kalah penting adalah melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum menikah. Pemerikasaan ini sangat bermanfaat bagi calon pasangan pengantin untuk memastikan ada tidaknya penyakit berbahaya termasuk penyakit kelamin.

Tes kesehatan ini sebaiknya dilakukan oleh kedua pasangan sebelum menikah supaya dapat diketahui lebih dini adanya penyakit organ reproduksi atau penyakit keturunan yang dapat mengancam anak mereka dikemudian hari.

Tes kesehatan pranikah sebaiknya dilakukan calon pengantin wanita dan pria, enam bulan sebelum menikah. Berikut ini beberapa tes kesehatan pranikah yang biasa dilakukan:

1. Hematologi rutin
Tes hematologi rutin berfungsi untuk mengetahui ada tidaknya kelainan pada jumlah sel darah pada kedua calon mempelai.

2. Urine rutin
Tes urin bermanfaat untuk memeriksa ada tidaknya infeksi saluran kemih dan kondisi ginjal.

3. Golongan darah
Tes golongan darah berguna untuk mengetahui golongan darah dan rhesus (+ atau -) kedua calon pengantin.

4. Gula darah puasa
Biasanya untuk memeriksa gula darah, seseorang dianjurkan untuk berpuasa terlebih dulu, hal ini brtujuan untuk mengamati kadar gula darah dalam tubuh. Biasanya sampel darah kedua pasangan akan diambil setelah berpuasa dan 2 jam setelah makan.

5. HBsAG (singkatan dari Hepatitis B Surface Antigen)
Pemeriksaan HBsAG dapat menunjukkan penyakit hepatitis B.

6. VDRL (Venereal Disease Research Laboratory)
Tes VDRL berfungsi untuk mengetahui penyakit yang berhubungan dengan kelamin seperti sipilis atau raja singa.

7. Gambaran darah tepi
Tes darah tepi bertujuan untuk mengetahui bentuk sel darah kedua pasangan.

8. TORCH (Toxoplasma gondii (toxo), Rubella, Cyto Megalo Virus (CMV), Herpes Simplex Virus (HSV) dan lain-lain)
Tes TORCH berfungsi untuk menguji adanya infeksi penyakit yang bisa menyebabkan gangguan pada kesubuaran pria maupun wanita. Tubuh yang terinfeksi TORCH dapat mengakibatkan cacat atau gangguan janin dalam kandungan.

Perlu diketahui bahwa, untuk mengikuti serangkaian tes kesehatan pranikah, kedua calon pengantin sebaiknya memenuhi syarat berikut ini:

1. Sebelum pelaksanan tes dianjurkan untuk puasa 10 sampai 12 jam. Namun, kedua calon pasangan masih diperbolehkan minum air putih.

2. Calon pengantin wanita tidak sedang haid.

Selamat menjalankan tes pranikah untuk anda dan kekasih anda tercinta.

Sumber : doktersehat.com 

Tambahan : tes penyakit HIV juga penting dilakukan sebelum melangsungkan pernikahan.

18 comments:

  1. Nice Info Jangan Lupa Kunjungi Blog http://sewalaptopsby.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  2. Mau impian pernikahan kamu terwujud jadi nyata ? HIS Graha Elnusa punya Wedding Package terlengkap, jadi capengers hanya perlu siapkan souvenir dan undangan aja lho... Ayo booking tanggal pernikahan kamu sekarang hanya dengan Rp. 5.000.000,- untuk lock tanggal, harga dan promo nya ! For more info call / text / whatsapp : Sasa 0899 0 722 880

    ReplyDelete
  3. Hallo capeng, buat yang lagi cari gedung pernikahan aku punya ballroom nih, masih baru dengan konsep semi hotel yang sudah full carpet dan Ac nya central.. disini sistemnya udah all in, untuk Catering, Dekorasi, Rias Busana/Bridal, Photography, Entertaiment, Wedding Organizer (8 Crew), Wedding Car semuanya sudah kita yang cover, jadi capeng hanya cukup menyiapkan undangan dan souvenir saja.. more info : FIRA 0812-3620-9044 Thankyou~

    ReplyDelete
  4. Sudah punya rencana nikah tapi masih bingung cari wedding organizer yang tepat? Kami dari HIS K-LINK TOWER GRAND BALLROOM kami sudah menyediakan all in package jadi anda tidak perlu repot cari vendor lain karena semua sudah kami yang handle.
    All in package include:
    - Gedung (FULL AC & FULL KARPET)
    - Catering
    - Dekorasi
    - Rias & Busana
    - Bridal
    - Entertainment
    - Photography
    - Wedding Organizer
    - Bonus (MC, WEDDING CAR, HONEYMOON KE MALDIVES, LOGAM MULIA)

    For more info and detail:
    Marketing & wedding consultant
    Mira 083899440355 (WA)

    ReplyDelete
  5. Hallo calon pengantin.
    Kami dari HIS K-LINK TOWER GRAND BALLROOM kami sudah menyediakan all in package jadi anda tidak perlu repot cari vendor lain karena semua sudah kami yang handle.
    All in package include:
    – Gedung (FULL AC & FULL KARPET)
    – Catering
    – Dekorasi
    – Rias & Busana
    – Bridal
    – Entertainment
    – Photography
    – Wedding Organizer
    – Bonus (MC, WEDDING CAR, HONEYMOON KE MALDIVES DAN BALI)

    For more info and detail:
    Marketing & wedding consultant
    Sintya 082113183031 (WA)

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Voila! Dear brides and grooms to be, mana nih suaranya?
    Udah sampai mana persiapan buat pernikahannya? apa aja sih kendala yg kalian hadapi selama proses persiapannya? ribet dan kebingungan harus memulai dari mana?
    Yuk jangan khawatir dan dibawa pusing karena wedding consultant dari HIS Kologdam Grand Ballroom akan membantu persiapan pernikahan kalian dari mulai persiapan sampai hari H. Venue? Udah ada. Vendor? Banyak pilihannya. Punya konsep sendiri? Bisa disesuaikan kok.
    Penasaran apa aja yang kami berikan? Dari mulai catering, dekorasi, rias busana, photography, entertainment, upacara adat, mc, wedding car, beserta wo untuk di hari H. SO??? Yuk segera konsultasikan persiapan pernikahanmu sekarang juga. Banyak promo menarik juga khusus di bulan agustus ini diantaranya:
    * Invitation Card by Corellia (500 undangan)
    * Wedding Ring by Vins
    * Sushi Tei Stall (300 pax)
    * Voucher Informa 5 Juta
    * Free Photobooth by Clei (3 Jam, Unlimited)
    * Honeymoon to Samaja Villa Kunti (3D2N)

    Dari 6 pilihan promo diatas kalian bebas memilih 2 pilihan.
    Untuk info lebih lanjut yuk segera hubungi Ayu-HIS Kologdam (WA 081324570721)

    ReplyDelete
  8. Hai Para Calon Pengantin

    Buat pasangan yang belum menemukan venue untuk Akad Nikah dan Resepsi, karena udah terlalu banyak venue yang kamu datangi jadi bikin pusing dan stress. Datang yukkkk ke HIS Office Graha Elnusa (Jl. TB. Simatupang Kav.1B, Cilandak-Jakarta Selatan) karena kita punya paket All In yang akan membantu kamu dalam mempersiapkan pernikahan impian.Apa aja sih paket All In nya :
    -Gedung (Full Karpet, Full Ac, 4 lampu Chandelier yang akan menambah kesan mewah)
    -Catering (Buffet & Foodstall)
    -Dekorasi
    -Photography
    -Entertaiment
    -Rias dan Busana/Bridal
    -Wedding Car Alphard
    -MC + Buku Tamu
    *Bonus :
    - Pick Your Bonus 1 : -Undangan dan Souvenir 300pcs @7.000, -Penginapan di RA Premiere Simatupang, -Voucher Baju Akad
    - Pick Your Bonus 2 : -Foodstall Millenial HONG TANG 200 porsi, -Screen & Photobooth, -Voucher Upgrade, -Penginapan di RA Premiere Simatupang
    Info lebih lanjut hubungi DWI-085718372283

    ReplyDelete
  9. Haloo, aku mau bagi pengalaman pernikahan kakakku. Jadi waktu itu kakakku dan pasangannya sibuk kerja kan jadi memang susah untuk ngurusin sendiri, nah karena kakakku nyari tempat pernikahan yang memang aksesnya mudah jadi dia nyari yang tengah2 dan ga terlalu macet. Akhirnya kakakku mutusin buat nikah di Elnusa, letaknya kalau ga salah di Tb.Simatupang deket Citos. Nah disana ternyata sudah ada paketan weddingnya juga dan sudah ada WOnya. Waktu itu kakakku dibantu sama Kak Ali, nah disana bener2 dibantuin dari awal sampe akhiir. Walaupun kakakku dan pasangannya sibuk kerja tapi urusan pernikahannya ga sampai keteteran karena bener2 dibantuin. Jadi disana itu udah semua2nya diurusin, kakakku tinggal ngurusin souvernir dan undangan aja. Bahkan ada Wedding Plannernya gitu yang mengatur jadwal kakakku untuk visit2 vendor dan testfood, jadi bener2 bikin kakakku ga pusing mikirin pernikahannya. Dari awal kakakku persiapan acara sampai akhir acara bener2 ga dilepas sama WOnya, dan hal itu ngebuat mamahku ga terlalu banyak ikut campur. Jujur Pelayanannya bener2 bagus, walaupun kakakku dan pasangannya kadang suka banyak maunya tapi tuh kayak diturutin terus gituu. Alhamdulillah keluargaku dan kakakku puas sih nikah di HIS Graha Elnusa. Kalo kalian berminat aku ada nih kontaknya yang waktu itu bantuin kakakku, namanya Kak Ali, nomornya 087884761964. Semoga bisa membantu kaliaan

    ReplyDelete
  10. Obat herbal Dr. imoloa yang hebat adalah obat penyembuhan yang sempurna untuk Virus HIV, saya mendiagnosis HIV selama 8 tahun, dan setiap hari saya selalu mencari penelitian untuk mencari cara sempurna untuk menghilangkan penyakit mengerikan ini karena saya selalu tahu bahwa apa yang kita butuhkan karena kesehatan kita ada di bumi. Jadi, pada pencarian saya di internet saya melihat beberapa kesaksian berbeda tentang bagaimana Dr. imoloa dapat menyembuhkan HIV dengan obat herbal yang kuat. Saya memutuskan untuk menghubungi pria ini, saya menghubunginya untuk obat herbal yang saya terima melalui layanan kurir DHL. Dan dia membimbing saya bagaimana caranya. Saya memintanya untuk solusi minum obat herbal selama dua minggu. dan kemudian dia menginstruksikan saya untuk pergi memeriksa yang saya lakukan. lihatlah aku (HIV NEGATIF). Terima kasih Tuhan untuk dr imoloa telah menggunakan obat herbal yang kuat untuk menyembuhkanku. ia juga memiliki obat untuk penyakit seperti: penyakit parkison, kanker vagina, epilepsi, Gangguan Kecemasan, Penyakit Autoimun, Nyeri Punggung, Keseleo, Gangguan Bipolar, Tumor Otak, Ganas, Bruxisme, Bulimia, Penyakit Disk Serviks, Penyakit Kardiovaskular, Penyakit Kardiovaskular, Neoplasma, kronis penyakit pernapasan, gangguan mental dan perilaku, Cystic Fibrosis, Hipertensi, Diabetes, asma, radang sendi yang dimediasi autoimun yang dimediasi. penyakit ginjal kronis, penyakit radang sendi, sakit punggung, impotensi, spektrum alkohol feta, Gangguan Dysthymic, Eksim, kanker kulit, TBC, Sindrom Kelelahan Kronis, sembelit, penyakit radang usus, kanker tulang, kanker paru-paru, sariawan, kanker mulut, tubuh nyeri, demam, hepatitis ABC, sifilis, diare, Penyakit Huntington, jerawat punggung, gagal ginjal kronis, penyakit addison, Penyakit Kronis, Penyakit Crohn, Cystic Fibrosis, Fibromyalgia, Penyakit Radang Usus Besar, penyakit kuku jamur, Penyakit Kelumpuhan, penyakit Celia, Limfoma , Depresi Besar, Melanoma Maligna, Mania, Melorheostosis, Penyakit Meniere, Mucopolysaccharidosis, Multiple Sclerosis, Distrofi Otot, Rheumatoid Arthritis, Penyakit Alzheimer email- drimolaherbalmademedicine@gmail.com / hubungi atau {whatssapp ..... 2347081986098}}

    ReplyDelete

  11. Dear brides and grooms to be 
    Salam hangat dari HIS Seskoad Grand Ballroom Bandung.
    Kami dengan bangga mempersembahkan venue terbaru kami yaitu “HIS Seskoad Grand Ballroom”, Gedung seskoad yang berletak strategis nan mewah yang menjadi favorit para calon pengantin ini kini berada di naungan HIS, untuk itu fasilitas yang terdapat di gedung seskoad grand ballroom kini berstandard seperti gedung HIS lainnya, “Ballroom full karpet eksklusif, AC, Lampu Kristal, dan design ruangan yang elegan&mewah”. Selain gedung, kami juga bekerjasama dengan banyak pilihan vendor ternama di Bandung, mulai dari catering, busana&MUA, dekorasi, music&entertaiment, fotografi&videografi, MC, wedding car, hingga pelayanan yang kami miliki untuk membantu calon pengantin dari awal sampai akhir yaitu, Wedding Public Relations, Wedding Planner, dan Wedding Executor. Dengan sistem “One Stop Wedding Service”, Kami pastikan akan memberikan pelayanan terbaik di hari Bahagia akang teteh 
    Untuk itu kami mengundang akang teteh calon pengantin, untuk datang ke pre-launching HIS Seskoad Grand Ballroom kami, dan segera dapatkan HARGA PRE-LAUNCHING yang pasti akan sangat worth it dengan fasilitas dan pelayanan yang kami berikan serta BONUS FANTASTIS! untuk akang teteh calon pengantin Cuma di HIS SESKOAD GRAND BALLROOM.

    BOOKING FEE ONLY RP. 5000.000
    For more info and detail call :
    Wedding Public Relations HIS Seskoad Grand Ballroom
    Jl. Gatot Subroto No. 96 Bandung.
    GIYANTI : 082261170022 (WA)
    INSTAGRAM : @his_seskoad @giyanti.hisseskoad

    See u brides and grooms to be!
    -HIS Wedding Venue Organizer-

    ReplyDelete
  12. Hallo, aku mau sharing tentang pernikahan aku di gedung HIS GRAHA ELNUSA di TB Simatupang yang sudah full karpet harganya jauh lebih murah looh untuk gedung di daerah Jak-Sel, parkirannya juga luaaaass bangett, udah gitu gak perlu ribet cari2 vendor lg karena disitu sistemnya udah ALL IN PACKAGE dan sudah ada WEDDING PLANNERnya lho..

    Kemarin acara aku di arrange sama Wedding Public Relation & Wedding Planner yang kooperatif bgt.. Alhamdulillah acara berjalan lancar dengan budget aku yg tidak terlalu mahal dan masuk akal..

    Silahkan langsung kontak Wedding PR yang handle aku 085887972972 mba INES namanya dia udh berpengalaman dalam hal wedding biasanya juga dia suka kasih bonus banyaakk.. hihihi

    ReplyDelete
  13. Halo calon pengantin! Mau nikah tapi gak mau ribet cari vendor? Bisa banget di HIS LIPI Gatot Subroto! Kita udah menyediakan all in package :
    *fasilitas gedung
    *buffet
    *foodstall
    *dekorasi
    *rias busana
    *bridal
    *entertaiment
    *photography & videography
    *wedding planner & organizer
    *BONUS
    Dekorasi mewah dengan harga terjangkau. Kita sedang ada special promo Romantic Deals untuk minggu ini :) untuk info lebih lanjut atau pricelist segera hubungi Sheny 0895600787428 ( WA )

    ReplyDelete
  14. Hallo calon pengantin! Mau nikah tapi gak mau ribet cari vendor? Bisa banget di HIS LIPI Gatot Subroto! Kita udah menyediakan all in package loh hehe
    *fasilitas gedung
    *buffet
    *foodstall
    *dekorasi
    *rias busana
    *bridal
    *entertaiment
    *photography & videography
    *wedding planner & organizer
    *BONUS
    Gak perlu ribet cari2 vendor lagi karena disitu sistemnya udah ALL IN PACKAGE dan sudah ada WEDDING PLANNERnya juga
    Kita sedang ada special promo Romantic Deals untuk minggu ini :) untuk info lebih lanjut atau pricelist segera hubungi Anita 08991158729 ( WA )

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Hallo Pasangan Milenial dan Calon Pengantin.
    Kami dari HIS LIPI GRAND BALLROOM kami sudah menyediakan all in package yang harganya sangat spesial banget dan banyak benefit lainnya nihh....jadi anda tidak perlu repot cari vendor lain karena kami semua sudah menyediakan jadi untuk semua kakak2 yang mau wedding tapi tanpa ribet.
    All in package include:
    – Gedung (FULL AC & FULL KARPET)
    – Catering
    – Dekorasi
    – Rias & Busana
    – Bridal
    – Entertainment
    – Photography
    – Wedding Organizer
    – Bonus (MC, WEDDING CAR, HONEYMOON KE MALDIVES DAN BALI)
    - dan free foodstall milenia (sushi tei,gulu-gulu,dan hongtang)
    wawwwww food stall milenial banget nih kakak yang sangat lagi di cari oleh para saat acara wedding.
    AYO WUJUDKAN WEDDING DREAM KALIAN BERSAMA HIS LIPI GRAND BALLROOM!!!
    For more info and detail:
    Marketing & wedding consultant
    indah 085859556155 (WA)

    ReplyDelete
  17. Hallo Pasangan Calon Pengantin.
    Kami dari SWASANA WEDDING GRAND SLIPI CONVENTION HALL sudah menyediakan all in package yang harganya sangat spesial untuk kamu dan akan banyak banget keuntungan yang akan kamu dapatkan. Kalian juga tidak perlu repot - repot untuk mencari vendor - vendor lain karena kami yang sudah menyediakan semuanya. Untuk detail paketnya di bawah berikut ini:
    – Gedung (FULL AC & FULL KARPET)
    – Catering
    – Dekorasi
    – Rias & Busana
    – Bridal
    – Entertainment
    – Photography
    – Wedding Organizer
    – MC
    Yang membedakan kita dengan venue lain yaitu kita menyediakan untuk foodstall milenial seperti (Sushi Tei, Gulu-Gulu, Baskin Robins, McD, Tuku, Sour Sally, Eat and Eat, es-teh, Domino's, Steggo, Flip Burger, Hokaido, Khepo, Futago, Yoshinoya)
    Banyak sekali bukan untuk pilihan food stall millenialnya. Food stall milenial juga yang sangat lagi di cari banget nih oleh calon pengantin untuk di acara weddingnya.
    AYO TUNGGU APALAGI SEGERA WUJUDKAN WEDDING DREAM KALIAN BERSAMA SWASANA GRAND SLIPI CONVENTION HALL!!!

    Jadi untuk semua kakak2 yang mau wedding tapi tanpa ribet bisa langsung hubungi ke nomer di bawah ini untuk info dan detailnya:
    Marketing & wedding consultant
    Melly 087829851129 (WA)

    ReplyDelete